Kamis, 24 Januari 2013

Manfaat kunyit bagi tubuh dan kesehatan kita

Manfaat kunyit yang dialami setiap hari oleh jutaan orang di seluruh dunia sering tanpa disadari. Jika Anda pernah makan kari maka Anda mungkin manfaat dari sifat-sifatnya. Kunyit adalah rempah-rempah yang digunakan dalam masakan Asia Timur, Afrika dan Timur Tengah. Ini adalah sebuah pokok sehari-hari di India, Pakistan, Bangladesh, Sri Lanka, masakan Malaysia dan Indonesia. Ini juga digunakan sebagai pengawet makanan dan pewarna di seluruh dunia terutama di mustard, acar, keju, dan margarin.

Baru-baru ini kunyit telah menjadi berita utama karena klaim bahwa curcumin, yang merupakan konstituen aktif utama kunyit, dapat membantu mencegah timbulnya demensia dan penyakit Alzheimer.

Kunyit telah lama dikenal sebagai rempah-rempah yang memiliki banyak manfaat kesehatan selain menggunakan kuliner. Hal ini dikenal sebagai anti-inflamasi yang dapat bekerja serta beberapa produk farmasi, tetapi tanpa efek samping.

Kunyit adalah anggota dari keluarga Zingiberaceae, kerabat dekat meliputi kapulaga, jahe dan lengkuas, yang semuanya memiliki kualitas medis yang khas mereka sendiri. Hal ini dibudidayakan terutama di India.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan lainnya yang kuat.

Manfaat kunyit bagi tubuh - Kunyit adalah rempah-rempah antiseptik dan anti-bakteri alami dan dapat digunakan secara eksternal untuk membantu dalam desinfektan dari luka atau luka bakar. Banyak orang yang menderita jerawat inversa telah menemukan bantuan hampir lengkap gejala mereka dengan minum teh kunyit tiga kali sehari.

 Dalam tes laboratorium kurkumin telah ditunjukkan untuk membantu dalam pencegahan kanker prostat, untuk mencegah kanker payudara menyebar ke paru-paru dan mengurangi beberapa jenis melanoma. Ada juga telah penelitian yang menunjukkan hal itu mungkin dapat membantu dalam mengurangi risiko leukimia. Kurkumin telah didefinisikan oleh para ilmuwan di Jepang sebagai agen spektrum luas anti kanker.

Kunyit juga sangat berharga untuk cara bahwa ia bekerja pada sistem pencernaan dan hati. Dalam pengobatan Cina dan tradisional India digunakan sebagai pahit pencernaan dan karminatif. Digunakan dalam memasak dapat membantu untuk meningkatkan pencernaan dan juga dapat membantu untuk mengurangi gas dan kembung. Kunyit juga merupakan cholagogue yang merangsang produksi empedu dalam hati dan dapat membantu mengeluarkan empedu melalui kantong empedu yang membantu kemampuan tubuh untuk mencerna lemak.

Kunyit dianjurkan bagi orang-orang yang memiliki kelemahan pencernaan kronis atau kemacetan. Hal ini dapat ditambahkan ke makanan atau diambil sebagai teh atau dalam 20 menit kapsul sebelum makan, terutama makanan yang tinggi lemak atau protein. Hal ini juga dapat ditemukan dalam pahit pencernaan yang menggabungkan kunyit dengan herbal lainnya. Kunyit juga merupakan anti-inflamasi pada selaput lendir yang melapisi lambung dan usus tenggorokan di mana ia dapat membantu mengurangi peradangan dan kemacetan. Kondisi terkait lainnya yang disarankan kunyit dapat membantu adalah kolitis, penyakit Crohn, diare dan setelah mempengaruhi keracunan makanan. Hal ini juga dapat digunakan untuk meringankan gatal-gatal dan peradangan wasir dan celah.

Dalam kunyit budaya Cina telah lama digunakan sebagai pengobatan untuk depresi dan efeknya mempercepat metabolisme menunjukkan bahwa hal itu juga dapat membantu dalam manajemen berat badan.

Kunyit (atau kurkumin ekstrak kuat nya) digunakan utamanya di bidang kesehatan, sebagai anti-inflamasi membantu dengan mengurangi rasa sakit dan peradangan pada banyak penyakit dan penyakit termasuk nyeri arthritis, otot dan ligamen, nyeri setelah operasi, sakit kepala, migrain, periode sakit dll Hal ini tanpa efek samping produk farmasi seperti aspirin atau non-steroid anti-inflammatory drugs.

Meskipun belum dikonfirmasi dalam percobaan manusia, hewan laboratorium diberikan kunyit telah mengurangi kadar gula darah dan kolesterol menunjukkan kunyit yang mungkin di masa depan akan membantu dalam diabetes dan penyakit jantung.

Jika tidak dimakan secara teratur dalam masakan nasional Anda, Anda dapat menambahkan kunyit untuk diet Anda dengan mengambil suplemen kunyit atau suplemen kurkumin dalam bentuk kapsul, kunyit juga dapat diambil dalam bentuk teh, tapi sendiri itu tidak untuk semua orang selera. Sejumlah kecil lada hitam atau bromelain dikatakan untuk meningkatkan penyerapan bahan aktif kurkumin jauh.

Rekomendasi dosis untuk orang dewasa

Antara satu sampai tiga gram sehari untuk bubuk akar.

300-800 mg dua atau tiga kali sehari untuk suplemen kurkumin.

Kunyit adalah superfood yang benar dan salah satu yang Anda harus berpikir tentang memperkenalkan untuk diet Anda untuk keuntungan kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar